Salah satu peluang usaha yang sedang marak adalah bisnis Waralaba. Waralaba (Franchising/Franchise) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu

Lalu bagaimana cara memulai bisnis Franchise dengan sukses :

  1. Mindset dan Mental Sebagai Seorang Entrepreneur
    Sudah banyak yang menjual jenis makanan dan persaingan di lingkungan tersebut maka yang perlu disiapkan diawal adalah mindset dan mental sebagai seorang entrepreneur (wirausaha), siap menerima dan menjalankan tantangan yang ada, siap tidak menyerah dan mau bangkit lagi jika menemui kegagalan.
    Lalu pilihlah jenis makanan yang belum ada dan mempunyai keunikan dan perbedaan dari yang lainnya. Punya nilai kreatifitas dan inovasi dari jenis-jenis yang sudah ada di lingkungan tersebut.
  2. Pelajari Penawaran Dari Franchisor
    Jika ingin memulainya dengan memilih sistem beli franchise (waralaba/kemitraan) maka pelajarilah semua penawaran franchise yang diberikan oleh para franchisor (pemberi pewaralaba).
    Jangan lupa, berkunjung lah ke para franchisee (penerima waralaba) yang sudah bekerjasama dengan franchisor tersebut, apa kiat sukses mereka sehingga bisa terus menjalankan sistem franchise yang dijalankan.
  3. Pelajari Peraturan dan Undang-undang Tentang Franchise
    Sebagai calon franchisee (penerima franchise), Anda juga harus mempelajari Peraturan Pemerintah No.42 Tahun 2007 tentang Waralaba. Di peraturan tersebut dijelaskan tentang kriteria usaha waralaba, hak dan kewajiban masing-masing franchisee dan franchisor, perjanjian kerjasama yang benar dan lain-lain.
  4. Kerja Keras dan Aktif
    Jika nanti sudah menjalankan usaha franchise, anda tidak bisa berharap akan berhasil tanpa kerja keras dari sang pemilik usaha. Anda sendiri harus aktif dan menjalankannya dengan sungguh-sunguh sesuai sistem yang diberikan oleh franchisor. Jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan kepada pihak franchisor.
  5. Perhatikan Kualitas
    Bisnis makanan tentu harus memperhatikan mutu dari makanan yang diberikan sesuai sistem, untuk itu juga kita patut memberikan pembinaan dan pengawasan kepada para karyawan anda.
  6. Perlunya Inovasi
    Mengenai persaingan yang ada di lingkungan tersebut, maka perlu adanya inovasi dan kreatifitas dalam memberikan promo-promo menarik setiap periodenya agar para pelanggan akan setia membeli di outlet kita.

Hadirnya bisnis franchise banyak dicari masyarakat yang belum memiliki pengalaman dan kemampuan dalam berbisnis. Bahkan bisa dibilang bisnis franchise menjadi jawaban bagi masyarakat yang masih kesulitan untuk memulai bisnis, karena bisnis ini memberikan kemudahan bagi franchisee untuk menjalankan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s